Kuesioner Pra Skrining
Perkembangan (KPSP)
Formulir
KPSP adalah alat/instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak
normal atau ada penyimpangan.
Cara
menggunakan KPSP :
Bila anak berusia diantaranya maka
KPSP yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak.
Contoh : bayi umur umur 7 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 6 bulan. Bila anak ini kemudian sudah berumur 9 bulan yang diberikan adalah KPSP 9 bulan.
Contoh : bayi umur umur 7 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 6 bulan. Bila anak ini kemudian sudah berumur 9 bulan yang diberikan adalah KPSP 9 bulan.
- Tentukan umur anak dengan menjadikannya dalam bulan.
Bila umur anak lebih dari 16 hari
dibulatkan menjadi 1 bulan
Contoh : bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4 bulan bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan.
Contoh : bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4 bulan bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan.
- Setelah menentukan umur anak pilih KPSP yang sesuai
dengan umur anak.
- KPSP terdiri dari 2 macam pertanyaan, yaitu :
- Pertanyaan yang dijawab oleh ibu/pengasuh anak. Contoh
: “dapatkah bayi makan kue sendiri?”
- Perintah kepada ibu/pengasuh anak atau petugas untuk
melaksanakan tugas yang tertulis pada KPSP. Contoh : “pada posisi bayi
anda terlentang, tariklah bayi pada pergelangan tangannya secara
perlahan-lahan ke posisi duduk”
- Baca dulu dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ada.
Bila tidak jelas atau ragu-ragu tanyakan lebih lanjut agar mengerti
sebelum melaksanakan.
- Pertanyaan dijawab berurutan satu persatu.
- Setiap pertanyaan hanya mempunyai satu jawaban YA atau
TIDAK.
- Teliti kembali semua pertanyaan dan jawaban.
Interpretasi
Hasil KPSP
- Hitung jawaban Ya (bila dijawab bisa atau sering
atau kadang-kadang)
- Hitung jawabab Tidak (bila jawaban belum pernah atau
tidak pernah)
- Bila jawaban YA = 9-10, perkembangan anak sesuai
dengan tahapan perkembangan (S)
- Bila jawaban YA = 7 atau 8, perkembangan anak
meragukan (M)
- Bila jawaban YA = 6 atau kurang, kemungkinan ada
penyimpangan (P).
- Rincilah jawaban TIDAK pada nomer berapa saja.
Untuk
Anak dengan Perkembangan SESUAI (S)
- Orangtua/pengasuh anak sudah mengasuh anak dengan baik.
- Pola asuh anak selanjutnya terus lakukan sesuai dengan
bagan stimulasi sesuaikan dengan umur dan kesiapan anak.
- Keterlibatan orangtua sangat baik dalam tiap kesempatan
stimulasi. Tidak usah mengambil momen khusus. Laksanakan stimulasi sebagai
kegiatan sehari-hari yang terarah.
- Ikutkan anak setiap ada kegiatan Posyandu.
Untuk
Anak dengan Perkembangan MERAGUKAN (M)
- Konsultasikan nomer jawaban tidak, mintalah jenis
stimulasi apa yang diberikan lebih sering .
- Lakukan stimulasi intensif selama 2 minggu untuk
mengejar ketertinggalan anak.
- Bila anak sakit lakukan pemeriksaan kesehatan pada
dokter/dokter anak. Tanyakan adakah penyakit pada anak tersebut yang
menghambat perkembangannya.
- Lakukan KPSP ulang setelah 2 minggu menggunakan daftar
KPSP yang sama pada saat anak pertama dinilai.
- Bila usia anak sudah berpindah golongan dan KPSP yang
pertama sudah bisa semua dilakukan. Lakukan lagi untuk KPSP yang sesuai
umur anak.
Misalnya umur anak sekarang adalah 8
bulan 2 minggu, dan ia hanya bisa 7-8 YA. Lakukan stimulasi selama 2 minggu.
Pada saat menilai KPSP kembali gunakan dulu KPSP 6 bulan. Bila semua bisa,
karena anak sudah berusia 9 bulan, bisa dilaksanakan KPSP 9 bulan.
- Lakukan skrining rutin, pastikan anak tidak mengalami
ketertinggalan lagi.
- Bila setelah 2 minggu intensif stimulasi, jawaban masih
(M) = 7-8 jawaban YA. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau ke
rumah sakit dengan fasilitas klinik tumbuh kembang
Kuesioner
Praskrining untuk Bayi 3 bulan
- Pada waktu bayi telentang, apakah masing-masing lengan
dan tungkai bergerak dengan mudah? Jawab TIDAK bila salah satu atau kedua
tungkai atau lengan bayi bergerak tak terarah/tak terkendali.
- Pada waktu bayi telentang apakah ia melihat clan
menatap wajah anda?
- Apakah bayi dapat mengeluarkan suara-suara lain
(ngoceh), disamping menangis?
- Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti
gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari kanan/kiri ke tengah?
- Pada waktu bayi telentang, apakah. ia dapat mengikuti
gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari satu sisi hampir sampai
pada sisi yang lain?
- Pada waktu anda mengajak bayi berbicara dan
tersenyum,apakah ia tersenyum kembali kepada anda?
- Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia
dapat mengangkat kepalanya seperti pada gambar ini?
- Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia
dapat mengangkat kepalanya sehingga membentuk sudut 45° seperti pada
gambar ?
- Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia
dapat mengangkat kepalanya dengan tegak seperti pada gambar?
- Apakah bayi suka tertawa keras walau tidak digelitik
atau diraba-raba?
Kuesioner
Praskrining untuk Bayi 6 bulan
- Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti
gerakan anda dengan menggerakkan kepala sepenuhnya dari satu sisi ke sisi
yang lain?
- Dapatkah bayi mempertahankan posisi kepala dalam
keadaan tegak clan stabil? Jawab TIDAK bila kepala bayi cenderung jatuh ke
kanan/kiri atau ke dadanya
- Sentuhkan pensil di punggung tangan atau ujung jari
bayi. (jangan meletakkan di atas telapak tangan
bayi). Apakah bayi dapat menggenggam pensil itu selama beberapa
detik?
- Ketika bayi telungkup di alas datar, apakah ia dapat
mengangkat dada dengan kedua lengannya sebagai penyangga seperti padA
gambar ?
- Pernahkah bayi mengeluarkan suara gembira bernada
tinggi atau memekik tetapi bukan menangis?
- Pernahkah bayi berbalik paling sedikit dua kali, dari
telentang ke telungkup atau sebaliknya?
- Pernahkah anda melihat bayi tersenyurn ketika melihat
mainan yang lucu, gambar atau binatang peliharaan pada saat ia bermain
sendiri?
- Dapatkah bayi mengarahkan matanya pada benda kecil
sebesar kacang, kismis atau uang logam? Jawab TIDAK jika ia tidak dapat
mengarahkan matanya.
- Dapatkah bayi meraih mainan yang diletakkan agak jauh
namun masih berada dalam jangkauan tangannya?
- Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu
tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan
lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila
kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.
Kuesioner
Praskrining untuk Bayi 9 bulan
- Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu
tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan
lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila
kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.
- Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue
kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda?benda panjang seperti
sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai.
- Tarik perhatian bayi dengan memperlihatkan selendang,
sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba
mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi?
- Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan/kue
kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama?
Jawab TIDAK bila bayi tidak pernah melakukan perbuatan ini.
- Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi
berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya?
Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada
kedua kakinya.
- Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda
kecil seperti kismis, kacang?kacangan, potongan biskuit, dengan gerakan
miring atau menggerapai seperti gambar ?
- Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding,
dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik?
- Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri?
- Pada waktu bayi bermain sendiri dan anda diam-diam
datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti
mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya
jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan.
- Letakkan suatu mainan yang dinginkannya di luar
jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan
atau badannya?
Kuesioner
Praskrining untuk Bayi 12 Bulan
- Jika anda bersembunyi di belakang sesuatu/di pojok,
kemudian muncui dan menghilang secara berulang-ulang di hadapan anak,
apakah ia mencari anda atau mengharapkan anda muncul kembali?
- Letakkan pensil di telapak tangan bayi. Coba ambil
pensil tersebut dengan perlahan-lahan. Sulitkah anda mendapatkan pensil
itu kembali?
- Apakah anak dapat berdiri selama 30 detik atau lebih
dengan berpegangan pada kursi/meja?
- Apakah anak dapat mengatakan 2 suku kata yang sama,
misalnya: “ma-ma”, “da-da” atau “pa-pa”. Jawab YA bila ia mengeluarkan
salah—satu suara tadi.
- Apakah anak dapat mengangkat badannya ke posisi berdiri
tanpa bantuan anda?
- Apakah anak dapat membedakan anda dengan orang yang
belum ia kenal? la akan menunjukkan sikap malu-malu atau ragu-ragu pada
saat permulaan bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.
- Apakah anak dapat mengambil Benda kecil seperti kacang
atau kismis, dengan meremas di antara ibu jari dan jarinya seperti pada
gambar?
- Apakah anak dapat duduk sendiri tanpa bantuan?
- Sebut 2-3 kata yang dapat ditiru oleh anak (tidak perlu
kata-kata yang lengkap). Apakah ia mencoba meniru menyebutkan kata-kata
tadi ?
- Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua
kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup panel tidak
ikut dinilai.
Kuesioner
Praskrining untuk 15 bulan
- Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua
kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup, panci tidak
ikut dinilai
- Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan
berpegangan?
- Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau
melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuh kemandirian kaq bantuan.
- Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia
memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat
ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya.
- Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama
kira-kira 5 detik?
- Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama
30 detik atau lebih?
Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? - Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya
tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau
mengeluarkan suara yang menyenangkan
- Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa
jatuh atau terhuyung-huyung?
- Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang,
kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu seperti pada gambar
ini
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 18 bulan
- Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau
melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuhkan bantuan.
- Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia
memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat
ibunya?
- Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan
selama kira-kira 5 detik?
- Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan
selama 30 detik atau lebih?
- Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak
dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai clan kemudian berdiri
kembali?
- Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya
tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau
mengeluarkan suara yang menyenangkan.
- Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa
jatuh atau terhuyung-huyung?
- Apakah anak anak dapat mengambil benda kecil seperti
kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari
telunjuk seperti pada gambar ?
- Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia
menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
- Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas dan
minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 21 bulan
- Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak
dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri
kembali?
- Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya
tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau
mengeluarkan suara yang menyenangkan.
- Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa
jatuh atau terhuyung-huyung?
- Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang,
kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari clan jari
telunjuk seperti pada gambar ?
- Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia
menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
- Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas clan
minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?
- Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah
anak meniru apa yang anda lakukan?
- Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas Gerak
halus Ya Tida kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang
digunakan ukuran 2.5-5.0 cm
- Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata
yang mempunyai arti selain “papa” dan “mama”?.
- Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih
tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak
menarik mainannya)
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 24 bulan
- Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga,
apakah anak meniru apa yang anda lakukan?
- Apakah anak dapat meletakkan 1 buah kubus di atas kubus
yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 — 5
cm.
- Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang
mempunyai arti selain "papa" clan "mama"?
- Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih
tanpa kehilangan keseimbangan?
(Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya). - Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok,
atau celananya? (topi clan kaos kaki tidak ikut dinilai).
- Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA
jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada dinding atau
pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda
tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada
seseorang.
- Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah
anak menunjuk dengan benar paling sedikit satu bagian badannya (rambut,
mata, hidung, mulut, atau bagian badan yang lain)?
- Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah?
- Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau
membantu mengangkat piring jika diminta?
- Dapatkah anak menendang bola kecil (sebesar bola tenis)
ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai.
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 30 bulan
- Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok,
Sosialisasi & atau celananya? (topi clan kaos kaki tidak ikut dinilai)
- Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA
jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada Binding atau
pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau
anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada
seseorang.
- Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah
anak menunjuk dengan benar paling seclikit satu bagian badannya (rambut,
mata, hidung, mulut, atau bagian badan yang lain)?
- Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah?
- Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau
membantu mengangkat piring jika diminta?
- Dapatkah anak menendang bola kecil (sebesar bola tenis)
Gerak kasar ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut
dinilai.
- Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas
tanpa bantuan/petunjuk?
- Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu di
atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan
ukuran 2.5 – 5 cm.
- Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara
seperti “minta minum”, “mau tidur”? “Terimakasih” dan “Dadag” tidak ikut
dinilai.
- Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini
tanpa bantuan?
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 36 bulan
- Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas
tanpa bantuan/petunjuk?
- Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu di
atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan
ukuran 2.5 – 5 cm.
- Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara
seperti “minta minum”; “mau tidur”? “Terimakasih” dan “Dadag” tidak ikut
dinilai.
- Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini
tanpa bantuan?
- Dapatkah anak melempar bola lurus ke arah perut atau
dada anda dari jarak 1,5 meter?
- Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi
isyarat dengan telunjuk atau mata pada saat memberikan perintah berikut
ini:
“Letakkan kertas ini di lantai”.
“Letakkan kertas ini di kursi”.
“Berikan kertas ini kepada ibu”.
Dapatkah anak melaksanakan ketiga perintah tadi? - Buat garis lurus ke bawah sepanjang sekurangkurangnya
2.5 cm. Suruh anak menggambar garis lain di
samping garis tsb.
- Letakkan selembar kertas seukuran buku di lantai.
Apakah anak dapat melompati bagian lebar kertas dengan mengangkat kedua
kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
- Dapatkah anak mengenakan sepatunya sendiri?
- Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh
sedikitnya 3 meter?
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 42 bulan
- Dapatkah anak mengenakan sepatunya sendiri?
- Dapatkah anak mengayuh sepeda rods tiga sejauh
sedikitnya 3 meter?
- Setelah makan, apakah anak mencuci clan mengeringkan
tangannya dengan balk sehingga anda ticlak perlu mengulanginya?
- Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika
perlu tunjukkan caranya clan beri anak anda kesempatan melakukannya 3
kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau
lebih?
- Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai.
Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua
kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
- Jangan membantu anak clan jangan menyebut lingkaran.
Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia.
Dapatkah anak menggambar lingkaran?
- Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut?
Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm. - Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau
permainan lain dimana ia ikut bermain clan mengikuti aturan bermain?
- Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju
atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk kemandirian memasang
kancing, gesper atau ikat pinggang)
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 48 bulan
- Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh
sedikitnya 3 meter?
- Setelah makan, apakah anak mencuci dan mengeringkan
tangannya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengulanginya?
- Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika
perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali.
Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih?
- Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai.
Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua
kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
- Jangan membantu anak dan jangan menyebut lingkaran.
Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia.
Dapatkah anak menggambar lingkaran?
- Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut?
Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm. - Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau
permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain?
- Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju
atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper
atau ikat pinggang)
- Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa
dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebutkan sebagian namanya atau ucapannya
sulit dimengerti.
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 54 bulan
- Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di
atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan
ukuran 2-5 – 5 cm.
- Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau
permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain?
- Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju
atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper
atau ikat pinggang)
- Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa
dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebut sebagian namanya atau
ucapannya sulit dimengerti.
- Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak.
Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan.
"Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?"
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?"
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?"
Jawab YA biia anak merjawab ke 3 pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah "menggigil" ,"pakai mantel’ atau "masuk kedalam rumah’.
Jika lapar, jawaban yang benar adalah "makan"
Jika lelah, jawaban yang benar adalah "mengantuk", "tidur", "berbaring/tidur-tiduran", "istirahat" atau "diam sejenak" - Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian
boneka?
- Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika
perlu tunjukkan caranya dan beri anak ands kesempatan melakukannya 3 kali.
Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih?
- Jangan mengoreksi/membantu anak. Jangan menyebut kata
"lebih panjang".
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak.
Tanyakan: "Mana garis yang lebih panjang?"
Minta anak menunjuk garis yang lebih panjang.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan ulangi pertanyaan tersebut.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar? - Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama gambar
ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang
tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti
contoh ini?
- Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi
isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut
ini: "Letakkan kertas ini di atas lantai".
"Letakkan kertas ini di bawah kursi".
"Letakkan kertas ini di depan kamu"
"Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA hanya jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan "di belakang”
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 60 bulan
- Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak.
Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan.
“Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?”
“Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?”
“Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?”
Jawab YA biia anak merjawab ke 3 pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah “menggigil” ,”pakai mantel’ atau “masuk kedalam rumah’.
Jika lapar, jawaban yang benar adalah “makan”
Jika lelah, jawaban yang benar adalah “mengantuk”, “tidur”, “berbaring/tidur-tiduran”, “istirahat” atau “diam sejenak” - Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian
boneka?
- Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika
perlu tunjukkan caranya dan beri anak ands kesempatan melakukannya 3 kali.
Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih?
- Jangan mengoreksi/membantu anak. Jangan menyebut kata
“lebih panjang”.
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak.
Tanyakan: “Mana garis yang lebih panjang?”
Minta anak menunjuk garis yang lebih panjang.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan ulangi pertanyaan tersebut.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar? - Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama gambar
ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang
tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti
contoh ini?
- Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi
isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut
ini: “Letakkan kertas ini di atas lantai”.
“Letakkan kertas ini di bawah kursi”.
“Letakkan kertas ini di depan kamu”
“Letakkan kertas ini di belakang kamu”
Jawab YA hanya jika anak mengerti arti “di atas”, “di bawah”, “di depan” dan “di belakang” - Apakah anak bereaksi dengan tenang dan tidak rewel
(tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda
meninqgalkannya?
- Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan
pada anak : “Tunjukkan segi empat merah”
“Tunjukkan segi empat kuning”
‘Tunjukkan segi empat biru”
“Tunjukkan segi empat hijau”
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar?
- Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali
tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia
dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
- Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa
bantuan?
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 66 bulan
- Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama gambar
ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang
tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti
contoh ini?
- Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi
isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut
ini: "Letakkan kertas ini di atas lantai".
"Letakkan kertas ini di bawah kursi".
"Letakkan kertas ini di depan kamu"
"Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA hanya jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan "di belakang” - Apakah anak bereaksi dengan tenang dan tidak rewel
(tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda
meninqgalkannya?
- Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan
pada anak :
"Tunjukkan segi empat merah"
"Tunjukkan segi empat kuning"
‘Tunjukkan segi empat biru”
"Tunjukkan segi empat hijau"
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar? - Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali
tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia
dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
- Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa
bantuan?
- Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia.
Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya/ mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai, hitunglah berapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, lengan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh? - Pada gambar orang yang dibuat pada nomor 7, dapatkah
anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh?
- Tulis apa yang dikatakan anak pada kalimat-kalimat yang
belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang
pertanyaan:
"Jika kuda besar maka tikus ………
"Jika api panas maka es ………
"Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang ………
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria) ? - Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola
tenis/bola kasti hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar
tidak ikut dinilai).
Kuesioner
Praskrining untuk Anak 72 bulan
- Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan
pada anak :
“Tunjukkan segi empat merah”
“Tunjukkan segi empat kuning”
“Tunjukkan segi empat biru”
“Tunjukkan segi empat hijau”
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar? - Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali
tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia
dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
- Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa
bantuan?
- Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia.
Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya/ mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai, hitunglah berapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, lengan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh? - Pada gambar orang yang dibuat pads nomor 7, dapatkah
anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh?
- Tulis apa yang dikatakan anak pada kalimat-kalimat yang
belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang
pertanyaan:
"Jika kuda besar maka tikus
"Jika api panas maka es
"Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria) ? - Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola
tenis/bola kasti hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar
tidak ikut dinilai).
- Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika
perlu tunjukkan caranya clan beri anak ands kesempatan
melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu
11 detik atau lebih?
- Jangan membantu anak clan jangan memberitahu nama
gambar ini, Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang
tersedia- Berikan 3 kali kesempatan.
Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini?
- lsi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak.
Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan sampai 3 kali bila anak
menanyakannya.
"Sendok dibuat dari apa?"
"Sepatu dibuat dari apa?"
"Pintu dibuat dari apa?"
Apakah anak dapat menjawab ke 3 pertanyaan di atas dengan benar? Sendok dibuat dari besi, baja, plastik, kayu.
Sepatu dibuat dari kulit, karet, kain, plastik, kayu.
Pintu dibuat dari kayu, besi, kaca.
mbk,,boleh ksh info gak alamat buat lihat KPSP ni,,butuh untuk daftar pustaka skripsi,,makasih sebelumnya,,,
BalasHapustolong masukin daftar pustaka nya
BalasHapusberikan contoh membuat 1 kpsp dan solusinya bila terjadi penyimpangan
BalasHapus